Jumat, Maret 16, 2012

Dzikir Setelah Shalat

Astaghfirullaah. (3 kali)
Aku memohon ampunan kepada-Mu, Ya Allah!

Allahumma antas salaam, tabaarakta ya dzal jalaali wal ikraam. (1 kali)
Ya Allah! Engkaulah yang memberi keselamatan, dan dari Engkaulah datangnya keselamatan, Wahai Zat Yang Maha-agung dan Mahamulia

Subhaanallaah. (33 kali)
Mahasuci Engkau, ya Allah!

Alhamdulillaah. (33 kali)
Segala puji bagi-Mu, Ya Allah!

Allahu Akbar. (33 kali)
Allah Mahabesar

Laa ilaaha illallaahu wahdahu laa syarikalahu, lahul mulku walahul hamdu wahuwa ‘alaa kulli syai’in qadiir. Allahumma laa maani’a limaa ‘a’thaita walaa mu’thiya limaa mana’ta walaa yanfa’u dzal jaddi minkal jaddu. (1 kali)
Tiada Tuhan selain Allah Yang Esa,tiada sekutu bagi-Nya, baginya segala raja dan baginya pula segala puji dan Dia atas segala sesuatu Mahakuasa, Ya Allah tiada yang dapat menolak pemberian-Mu dan tiada yang dapat memberi sesuatu yang Engkau tolak, dan tiada yang dapat memberi manfaat (pengaruh) kepada-Mu yang memiliki kemuliaan, dari-Mu-lah kemuliaan itu.


Dzikir setelah shalat yang disebutkan tadi merupakan dzikir dengan dalil yang sahih dan diriwayatkan dalam banyak hadits. Sebagiannya disebutkan dalam hadits yang diterima dari Abu Hurairah dan diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, “Orang-orang fakir muhajirin datang menemui Rasulullah Saw. Mereka berkata, ‘Ya Rasulullah, orang-orang kaya telah pergi membawa pahala dari kekayaan harta dengan mendapatkan derajatyang tinggi di sisi Allah Swt. dan kenikmatan yang abadi, mereka shalat seperti yang kami lakukan, mereka shaum seperti yang kami lakukan, dan mereka mempunyai kelebihan harta sehingga mereka bisa menunaikan ibadahhaji dan umrah, mereka berjihad dan bersedekah, sedangkan kami tidak mampu melakukan itu semua’, maka Rasulullah bersabda kepada mereka, ‘Maukah kalian aku ajarkan sesuatu yang jika kalian lakukan, kamu akan dapat menandingi mereka, bahkan mungkin akan melebihi mereka, dan tidak seorang pun yang lebih baik dari kalian, kecuali jika mereka melakukan hal yang sama seperti kalian?’ ‘Tentu saja mau ya Rasulullah’, jawab mereka. Lalu Rasulullah Saw. bersabda, ‘Bacalah oleh kalian subhaanallah, alhamdulillah, Allahu Akbar’ masing-masing sebanyak 33 kali.

Kemudian dalam hadits lain dijelaskan,bahwasanya Nabi Saw. bersabda, “Barangsiapa setelah selesai shalat fardhu membaca “Subhaanallah, alhamdulillah, Allahu Akbar” masing-masing sebanyak 33 kali, sehingga jumlahnya menjadi 99 kali, kemudian disempurnakan dengan membaca “la ilaaha illallah, wahdahuu laa syariikalah, lahul mulku walahul-hamdu wa huwa ‘alaa kulli syai’in qadiir” (Tiada Tuhan selain Allah Yang Esa, tiada sekutu bagi-Nya, bagi-Nya segala raja danbagi-Nya pula segala puji dan Dia atas segala sesuatu Mahakuasa). Sehingga genap menjadi seratus kali, niscaya akan diampuni dosa-dosanya, walaupun seperti buih lautan.

http://aryphones.wordpress.com/dzikir-setelah-shalat-fardhu/

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...