Senin, Oktober 03, 2011

Syair Abu Nawas


Sujudku tidak akan bisa menambah keagungan-Mu....
Dan dosaku pun tak pula akan mampu mengurangi kesucian-Mu....

Ilahiy... terkadang aku membayangkan siapa gerangan Abu Nawas itu, dan mengharap apa yang beliau harap melalui syairnya....

Aku tak pantas di surga-Mu, namun tak pula kuat diri ini atas siksa di neraka....
Meskipun dosa-dosaku banyak sekali, tapi sungguh aku tahu bahwa ampunan-Mu lebih banyak dan mencukupi....
Kalau yang berharap kepada-Mu hanya orang yang baik saja, lantas kepada siapa orang yang jahat ini akan berlindung dan memohon keselamatan?!
Aku memohon kepada-Mu dengan menundukkan diri sepertimana Engkau telah memerintahkannya, Sedang apabila Engkau tetap menolak permohonanku, maka siapa lagi yang akan mengasihiku?!
Aku tidak punya sarana kepada-Mu kecuali sekedar harapan dan anggapan baikku, dan bahwa aku adalah seorang yang menyerahkan diri (kepada-Mu)....

AL-I'TIROOF
Sebuah Pengakuan


Ilaahi lastu lilfirdausi ahlan
Ya Tuhanku, tidak pantas bagiku menjadi penghuni surga-Mu

Walaa aqwaa `alannaaril jahiimi;
Namun, aku tidak kuat dengan panasnya api neraka

Fahablii taubatan waqhfir dzunuubi
Terimalah taubatku dan ampunilah dosa-dosaku

Fa innaka ghoofiruddzambil `adziimi
Sesungguhnya Engkau Maha Pengampun dosa-dosa besar

Dzunuubii mitslu a`daadir rimaali
Dosaku seperti jumlah pasir

Fahablii taubatan yaa dzaljalaali
Maka terimalah pengakuan taubatku Wahai Pemilik Keagungan

wa`umrii naaqishun fiikulliyaumi
Dan umurku berkurang setiap hari

Wa dzanbii zaa-idun kaifahtimaali
Dan dosaku bertambah, bagaimana aku menanggungnya

Ilaahi `abdukal `aashi ataaka
Ya Tuhanku, hamba-Mu yang berdosa ini datang kepada-Mu

Muqirron biddzunuubi waqod da`aaka
Mengakui dosa-dosaku dan telah memohon pada-Mu

Fa in taghfir fa anta lidzaaka ahlun
Seandainya Engkau mengampuni memang Engkaulah Pemilik Ampunan

Wa in tadrud faman narjuu siwaaka
Dan seandainya Engkau menolak taubatku, Kepada siapa lagi aku memohon ampunan selain hanya kepada-Mu

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...