Senin, Juni 26, 2006

= Saat Bersembunyi di Gua =

Kemudian  pemuda-pemuda Quraisy - yang dari setiap kelompok di
ambil seorang itu - datang. Mereka membawa pedang dan  tongkat
sambil  mundar-mandir  mencari  ke segenap penjuru. Tidak jauh
dari gua Thaur itu mereka bertemu dengan seorang gembala, yang
lalu ditanya.

"Mungkin  saja  mereka  dalam gua itu, tapi saya tidak melihat
ada orang yang menuju ke sana."

Ketika mendengar jawaban  gembala  itu  Abu  Bakr  keringatan.
Kuatir  ia,  mereka  akan  menyerbu  ke dalam gua. Dia menahan
napas tidak bergerak, dan hanya  menyerahkan  nasibnya  kepada
Tuhan.  Lalu  orang-orang Quraisy datang menaiki gua itu, tapi
kemudian ada yang turun lagi.

"Kenapa   kau   tidak   menjenguk   ke   dalam   gua?"   tanya
kawan-kawannya.

"Ada  sarang  laba-laba  di  tempat itu, yang memang sudah ada
sejak sebelum Muhammad lahir," jawabnya. "Saya melihat ada dua
ekor burung dara hutan di lubang gua itu. Jadi saya mengetahui
tak ada orang di sana."

Muhammad makin sungguh-sungguh berdoa dan Abu Bakr juga  makin
ketakutan. Ia merapatkan diri kepada kawannya itu dan Muhammad
berbisik di telinganya:

"Jangan bersedih hati. Tuhan bersama kita."
La Tahzan, Innallaha ma'an :)

Dalam buku-buku hadis ada juga sumber yang menyebutkan,  bahwa
setelah  terasa  oleh  Abu  Bakr bahwa mereka yang mencari itu
sudah mendekat ia berkata dengan berbisik:

"Kalau mereka ada yang menengok ke bawah  pasti  akan  melihat
kita."

"Abu   Bakr,  kalau  kau  menduga  bahwa  kita  hanya  berdua,
ketiganya adalah Tuhan," kata Muhammad.

Orang-orang Quraisy makin yakin bahwa dalam gua  itu  tak  ada
manusia  tatkala  dilihatnya ada cabang pohon yang terkulai di
mulut gua. Tak ada jalan orang akan dapat  masuk  ke  dalamnya
tanpa  menghalau  dahan-dahan  itu.  Ketika itulah mereka lalu
surut kembali. Kedua orang bersembunyi  itu  mendengar  seruan
mereka  supaya  kembali ke tempat semula. Kepercayaan dan iman
Abu Bakr bertambah besar kepada Allah dan kepada Rasul.

"Alhamdulillah, Allahuakbar!" kata Muhammad kemudian.
 
http://media.isnet.org/islam/Haekal/Muhammad/index.html 

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...